tips pandai membagi waktu

Sepuluh Cara Jitu Membagi WaktuMasih bingung soal bagi waktu yang baik dan benar? Jangan kuatir. Coba deh ikutiresep-resep manjur di bawah ini, dijamin waktumu tidak bakal mubazir begitu saja.
1. Jadikan waktu belajar di kelas adalah waktu terbaik untuk belajar.a. Siapkan materi sebelum pelajaran dimulai. Kalau hanya punya waktu sedikit buatmembaca seluruh bahan materi, banyaklah bertanya. Ulang sekilas materi terakhir supayanggak banyak bengong waktu guru menerangkan materi baru.b. Dengarkan dengan serius apa yang diterangkan guru dan cobalah mengulang kembalimateri yang baru didapat versi bahasamu sendiri. Resep ini mujarab buat mencegahsistem belajar kebut semalam karena materinya bakal lama tersimpan di otak kita.
2. Buat daftar harian.a. Tulis secara singkat 5 tugas yang harus dikerjakan, baik urusan sekolah atau pribadi,berurut mulai dari yang terpenting.b. Buat juga cita-cita kecil yang bisa dikerjakan hari ini, misal membaca 5 halamanpelajaran Biologi
.3. Rencanakan jadwal mingguan.a. Buat agenda mingguan yang berisi jadwal pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler atau lestambahan, tugas rumah, tidur dan makan. Tulis semuanya supaya terlihat urutanwaktunya. Jangan lupa sisakan baris kosong buat kegiatan yang mendadak munculkemudian hari.b. Usahakan buat waktu belajar selama dua jam per satu jam pelajaran di sekolah.
4. Gunakan waktu siangmu sebaik mungkin.a. Di sekolah kamu bisa membaca terlebih dulu materi pelajaran sebelum guru masuk kelas. Begitu juga sesudah pelajaran selesai, buatlah ringkasan kecil tentang materi baru.Supaya mudah diingat tulis materi tersebut dalam kartu-kartu kecil, atau tempat lain yangmudah dibaca kembali.b. Atur waktu belajar sebanyak mungkin ketika hari masih terang. Usahakan cari tempatbelajar yang sunyi atau tidak berisik supaya kamu dapat berkonsentrasi.
5. Buat kalender semester pribadi.a. Beri tanda-tanda khusus di kalender dinding atau meja setiap tanggal-tanggal khusus,misal tanggal ujian atau kenaikan kelas.b. Tulis semua tanggal khusus tersebut plus kegiatannya dalam kalender kecil yang bisadibawa ke mana saja. Contoh bagus adalah buku agenda harian atau daily planner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s